SEKILAS INFO
17-06-2021
  • 6 bulan yang lalu / Tanggal 18 Desember 2020 ada Jadwal LSBLB…ayok cermati
  • 6 bulan yang lalu / Laporan hasil belajar Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Desember 2020
  • 10 bulan yang lalu / Info Qurban dan 39tahun Dega
10
Mar 2020
0
GLBK n PHBS

Catatan kecil dari SEMARAK DEGA
(Sekolah Milenial dan Ramah Anak Depok Tiga)

1.Gerakan Literasi Berbasis Keluarga (GLBK)

Dalam rangka mendukung program JBM 1821 (Jam Belajar Masyarakat dari 18.00-21.00), SMP Negeri 3 Depok menyusun  program GLBK. GLBK adalah Gerakan Literasi Berbasis Keluarga yang bertujuan menciptakan jalinan sinergi dalam ruang dan waktu di tengah kesibukan Ayah Bunda untuk menemani putra putri beraktivitas terutama pada pukul 18.00 sampai dengan pukul 21.00, dalam hangatnya kebersamaan  keluarga. Ada beberapa alternatif kegiatan yang dapat Ayah Bunda aplikasikan, diantaranya:

  1. Nonaktifkan Gadget dan TV bagi semua anggota keluarga agar bisa berinteraksi dengan lebih intensif dan berkualitas. Dengan demikian akan menciptakan keharmonisan antara Ayah Bunda dengan putra putri tersayang, inshaAllah tugas dari bapak ibu guru tidak online pada pukul 18.00-21.00 WIB
  2. Lanjutkan dengan beribadah dan berkomtemplasi bersama mulai pukul 18.00 – 19.00. Kegiatan ini dapat diisi dengan tadarus atau diskusi keagamaan sehingga bisa saling merenung dan berpikir nasehat menasehati dalam kebaikan dan ketaqwaan.
  3. Pada pukul 19.00 – 21.00 mari kita dampingi putra putri belajar. Aktivitas belajar dapat bersumber dari e-learning, buku paket, buku catatan, LKS, dengan cara mengerjakan tugas atau membaca dan merangkum pelajaran.
  4. Sarankan untuk refresh sejenak, dan paling lambat pukul 22.00 sudah persiapan tidur.

Semoga beberapa alternatif kegiatan ini dapat menjadi salah satu acuan untuk beraktivitas dalam GLBK. Dengan Gerakan Literasi Berbasis Keluarga mari kita tumbuhkan kesadaran belajar dalam keluarga yang hangat, harmonis dan barokah….. Aamiin.

2.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

PHBS adalah kepanjangan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Diharapkan dengan PHBS ini putra putri kita dapat tumbuh sehat dan memiliki karakter peduli dengan kesehatan diri sendiri dan lingkungan. Program ini sangat bagus Ayah Bunda. Kami sangat berharap ayah bunda dapat mendukukung dan berpartisipasi lebih. Berikut ini implementasi program yang dapat dilaksanakan oleh putra putri kita:

  1. Membawa bekal sehat yang sudah bunda siapkan dari rumah.  Putra putri tentu sangat suka dan bangga menikmati bekal sehat dari bunda.
  2. Gema Busa. Yang ini apa lagi ya… Gema Busa adalah Gemar Makan Buah dan Sayur. Mari Ayah Bunda siapkan buah dan sayur dalam bekal sekolah buah hati. Dengan buah dan sayur akan mendukung kecukupan gizi dan metabolisme yang sehat dalam tubuh mereka. Kantin sekolah juga akan memprogramkan sehari dalam seminggu hanya akan jual nasi sayur dan lauk dalam paket piringan, mohon dukunganganya.
  3. Mencuci tangan sebelum makan. Ayah Bunda tentu telah mengingatkan putri putri akan manfaat cuci tangan sebelum makan. Itulah pentingnya sekolah menyediakan Sarana bak cuci di depan kelas mereka. Terimakasih Ayah Bunda telah berpartisipasi mewujudkannya.
  4. GPS_Astalisa adalah Gerakan Pungut Sampah_ Aku Sayang Tanaman Lihat Sampah Ambil. Sebuah gerakan untuk menciptakan lingkungan yang asri dan bebas dari sampah. Tentu tidak nyaman khan…”belajar kok bareng sampah”. Mari kita ingatkan putra putri untuk peduli dengan membuang sampah pada tempatnya.
  5. Fasilitas sekolah untuk PHBS inshaAlah sudah memadai antara lain: 5 kamar mandi putra, 4 kamar mandi putri, 14 wastafel, Kantin bersih dan sehat, Taman yang nyaman. para siswa dipersilahkan menggunakannya dan merawat agar lebih banyak mendatangkan manfaat.

Nah demikian sekilas info program PHBS dari Sekolah. Mari dukung gerakan Hidup Sehat.
“Mens sana in corpore sano” dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kepala Sekolah

Darto, S.Pd
NIP.19701215 199702 1 001

Pengunjung

Flag Counter

YES…Our Support

Spupported by: IKLAN