SEKILAS INFO
12-07-2020
  • 1 bulan yang lalu / Asistensi PPDB Pengajuan Tambahan Nilai Prestasi, 2-6 Juni 2020, silahkan datang ke SMP N 3 Depok
  • 1 bulan yang lalu / MENCARI SEKOLAH IDEAL PASCA DIHAPUSNYA UJIAN NASIONAL
  • 3 bulan yang lalu / Perpanjangan BDR sampai dengan 14 April 2020, semoga selanjutnya bisa Bersama lagi di Sekolah
PASTI DEGA
1. Pengertian:

Setiap siswa memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda, maka dari itu sekolah berusaha mengembangkan dan mengarahkan potensi yang dimiliki agar berkembang optimal. Salah satu kegiatan pengembangan diri di SMP Negeri 3 Depok yaitu “PASTI DEGA” yang merupakan kependekan dari Pasukan Inti SMP Negeri 3 Depok Sleman. Pasukan Inti merupakan kegiatan pengembangan diri di luar program yang tertulis di dalam kurikulum dan dilaksanakan di luar jam pelajaran dengan kegiatan utama berupa baris-berbaris yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kepemimpinan, dan tanggung jawab.

2. Tujuan:

Di SMP Negeri 3 Depok kegiatan pasukan inti masuk dalam kegiatan pengembangan diri yang diikuti oleh peserta didik kelas VIII baik putra maupun putri yang berhasil melalui seleksi yang sangat ketat. Kegiatan pengembangan diri ini berorientasi untuk melatih para siswa baris-berbaris dan membentuk pribadi siswa yang disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti berbagai perlombaan yang secara berkala diadakan oleh beberapa instansi antara lain lomba baris-berbaris dan upacara bendera.

3. Bentuk Kegiatan dan Pelaksanaannya:

Kegiatan pengembangan diri PASTI DEGA dilaksanakan secara rutin setiap hari senin pukul 13.30 – 15.00WIB. Kegiatan selalu diawali dengan pemanasan, gerakan-gerakan dasar dalam baris-berbaris, dll, kemudian diakhiri dengan pendinginan. Pelatih-pelatih kegiatan PASTI DEGA ini adalah kakak-kakak PURNA PASKIBRAKA INDONESIA KABUPATEN SLEMAN dengan berbagai jenjang. Mereka adalah Kak Allta, Kak Andika Eka, Kak Bagas, dan Kak Rizki. Kegiatan PASTI DEGA ini berlangsung dibawah pengawasan Bp. Darto, S.Pd dan Bp. Arvi Budiarto, S.Pd.

Lihat Video Tampilan PASTI DEGA putri_2019

DEGA, DEGA, DEGA… JAYA!!!

Penilaian Akhir Tahun telah terlalui dengan lancar tanpa hambatan. Saatnya refresh diri sambil menambah ilmu. Setelah libur Hari Raya Idul Fitri  sampai hari pembagian rapor tiba, kelas 7 diberikan kesempatan untuk mendapat PBB (Pelatihan Baris-Berbaris).

PBB ini dilatih langsung oleh kakak-kakak PURNA PASKIBRAKA INDONESIA KABUPATEN SLEMAN dengan berbagai jenjang. Mereka adalah Kak Allta, Kak Andika Eka, Kak Bagas, dan Kak Rizki. Kegiatan PBB ini berlangsung dibawah pengawasan Bp. Darto, S.Pd dan Bp. Arvi Budiarto.

Kegiatan PBB ini dilaksanakan mulai tangggal 17-20 Juni 2019 yang dimulai pada pukul 07.30 – 11.00 WIB. Siswa/i dilatih beberapa gerakan dasar kedisiplinan, gerak mulai, geraj jalan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, banyak sekali yang dapat diambil dari kegiatan PBB ini. Antara lain adalah menumbuhkan sikap  tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Jadi, walaupun di akhir hari PBB beberapa wajah dari siswa/i mengalami perubahan menjadi kulit tan eksotis a.k.a hitam-manis, tapi pelajaran yang mereka dapat sangatlah banyak.

“Walaupun panas, tapi menyenangkan. Mendidik untuk selalu disiplin dan juga menghargai orang lain,” Yuna S (7C, IG:yuanasusanti6671).
“Menyenangkan dan dapat pelajaran baru,” Andhika (7C, IG: faisalraf_)
“Melatih kedisiplinan dan fisik meski harus merelakan kulit jadi gosong. Hitam itu KUAT,” Ghiska A (7D, IG: ghiskaarna)
“Menyenangkan, dan saya senang serta lebih semangat karena akhirnya menjadi anggota Pleton Inti Putri^^,” Putri A (7C, IG: putriann07)

Banyak sekali kesan yang diberikan oleh siswa/i terkait kegiatan ini. Bahkan orangtua wali murid juga ikut memberikan komentarnya yang kebanyakan mengomentari perubahan kulit putra-putrinya. “Menjadi lebih gosong,” begitu ungkap mereka. Tapi tak apa. Semakin ditempa, semakin kuat dan kokoh fondasi mereka. Semoga kegiatan ini bukan hanya semata selingan tapi juga berlanjut dan mereka menjadi lebih baik dari hari ini. Aamiin.

Galeri PBB 17-20 Juni 2019:

Pengunjung

Flag Counter

Data Sekolah

SMP N 3 DEPOK, SEMARAK BERPRESTASI

NPSN : 20401068

Sopalan_Meguwo, Maguwoharjo
KEC. Depok
KAB. Sleman
PROV. Yogyakarta
KODE POS 55282

Post

Agenda