SEKILAS INFO
17-06-2021
  • 6 bulan yang lalu / Tanggal 18 Desember 2020 ada Jadwal LSBLB…ayok cermati
  • 6 bulan yang lalu / Laporan hasil belajar Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Desember 2020
  • 10 bulan yang lalu / Info Qurban dan 39tahun Dega
19
Oct 2020
0
Enam Metode Pembelajaran Daring yang perlu dicoba

Sejak pertengahan Maret 2020, siswa sekolah mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selama beberapa bulan itu pasti siswa mengalami rasa bosan. Sebab, metode pembelajaran yang diberikan guru atau sekolah hanya itu-itu saja. Padahal, ada banyak metode yang bisa diberikan agar siswa tetap semangat menimba ilmu. Meski dalam masa pandemi Covid-19, siswa harus tetap semangat. Tetapi, hal ini menjadi tantangan tesendiri bagi dunia pendidikan. Salah satunya adalah menerapkan pembelajaran jarak jauh yang sarat akan kreativitas dan inovasi. Nah, mau tahu model-model pembelajaran inovatif apa saja yang dapat diterapkan?

Berikut ini 6 model pembelajaran inovatif:

  1. Discovery-Inquiry Rangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
  2. Flipped classroom Pembelajaran yang membalik metode tradisional di mana materi biasanya diberikan pada proses pembelajaran tetapi materi diberikan sebelum proses pembelajaran.
  3. Project based learning Pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek.
  4. Blended learning dengan blog Pembelajaran yang menggunakan blog untuk mencapai tujuan pendidikan.
  5. Berbasis gim Pembelajaran yang menggunakan permainan atau gim digital untuk tujuan pembelajaran.
  6. Self organized learning environments (sole) Pembelajaran yang menitikberatkan proses pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya.

Sumber:  https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/28/114509371/bosan-pjj-itu-itu-saja-ini-6-model-pembelajaran-inovatif-bagi-siswa?page=all.
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit

Pengunjung

Flag Counter

YES…Our Support

Spupported by: IKLAN