
Dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, setiap sekolah di Era Kurikulum Merdeka diberi beri kebabasan untuk membuat dan menyusun program sesuai dengan Visi dan Misinya. Namun Kebebasan ini dapat pula dilakukan secara kolaborasi. SMP Sleman melaksanakan Asesmen Literasi yang di kemas dalam 10 kompetensi Literasi, dilaksanakan dari 07.30 – 11.30.
Asesmen Literasi (AL), 13 s.d. 17 November 2023
1. Meng-Akses capaian literasi dasar anak usia 13th, 14th , dan 15th (Atau kelas 7,8,9)
2. Capaian literasi meliputi literasi dasar plus (literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansiil, literasi sosial – kewargaan negara – & sosial budaya)
3. Model soal mengacu pada PISA/ ICAS/ INAP/ AKM/ AKSI/ AKMI dan sejenisnya
4. Semua mata pelajaran dijadikan konteks untuk AL (yang terbagi menjadi konteks pribadi, sosial, saintifik). Konteks semua mata pelajaran diharapkan secara simultan memperkuat 6 literasi dasar.
5. Mata pelajaran lebih pada penekanan konteks baik personal, sosial, saintifik
6. Substansi yg di-akses adalah literasi & HOTS. Untuk konten dari asesmen literasi ini diharapkan mengakomodir segala macam kurikulum
7. Instrumen dengan berbagai variasi. karena masih terbatasnya aplikasi, menjodohkan dimodifikasi menjadi PG, drag & drop dimodifikasi menjadi PG, pilihn ganda kompleks dimodifikasi menjadi PG, dll)
8. Pada AL ini, diharapkan :
a. minimal 50 % soal HOTS
b. sekitar 35 % soal MOTS, dan
c. maksimal 15 % soal LOTS
9. Kegiatan asesmen ini full online. Tidak ada yang mengikuti dengan paper
10. AL ini tidak untuk kepentingan penilaian utk rapor, tidak untuk kepentingan kenaikan kelas dan hal hal lain sejenisnya
11. Semua siswa mengerjakan dengan penuh kejujuran & kemandirian
12. Semua sumber baik online maupun offline boleh dibuka ( Kamus, buku, internet, google, chat gpt, dll)
13. Semua peralatan agar dimanfaatkan (penggaris, kalkulator, jangka, tabel matematika, kertas berpetask dll)
14. Diupayakan, dengan membuka sumber apapun jawaban tidak langsung ada terdapat pada sumber tsb baik media cetak maupun google, maupun AI
15. AL ini untuk memperkuat capaian literasi. Capaian literasi siswa sangat dipengaruhi oleh guru. Untuk itu, semua guru mata pelajaran wajib mengikuti AL sesuai mata pelajaran yg diampu (Mata pelajaran yang dijadikan sebagai konteks)
16. Dengan AL ini diharapkan semua siswa dan guru memiliki data capaian literasi dan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir tinggkat tinggi lainnya
17. Capaiaan AL ini akan dipakai sebagai bahan refleksi guru dan siswa
18. Capaian AL ini akan ditindaklanjuti melalui perbaikan pembelajaran.
19. AL ini juga media berlatih utk Menyusun soal HOTS. Tentu, kalu di-ases dengan HOTS maka pembelajaran harus dg HOTS
Setelah AL, setiap sekolah diperkenankan megadakan kegiatan sesuai dengan kemampuan SDM sekolah yang tersedia. SMP N 3 DEPOK melanjutkan kegiatan penguatan karakter sd.14.30, yakni
1. Penciptaan Iklim Sekolah Ramah Anak, dengan nara sumber dari Puskesmas Depok I
2. Pencegahan dan Penanggulan Kekerasan Pada Peserta Didik, nara sumber dari Dinas P3AP2KB
3. Menanamkan Tolerasi pada peserta didik, nara sumber, SMALB Tegar Harapan Yogyakarta
4. Penguatan Karakter anti Perundungan dan Kekerasan Seksual, dengan nara Sumber, POLSEK Depok Timur
Berikut hasil jepretan kegiatan HariRabu, 15 November 2023, yang menampilkan siswa SMA LB Tegar Harapan yang bernama Muhammad Risqy, siswa berprestasi pantonim tk. Nasinal, penyandang Tuna Rungu. Dari kegiatan ini diharapankan
1. Para siswa SMP N3 depok harus mampu bersyukur pada Allah telah diberi kesempurnaan
2. Optimis, yg difabel tuna rungu saja bisa berprestasi maka yg normal pasti bisa
3. Tumbuh sikap menghargai dan toleransi hingga mampu menepis sikap intoleransi.