• November 30, 2020 5:17 pm

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

PHBS

PHBS merupakan kependekan dari Pola Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

PHBS di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa,guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Manfaat PHBS di Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih (Pentingnya Wastafel)
    Praktek ini merupakan langkah yang berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus langkah pencegahan penularan berbagai jenis penyakit berkat tangan yang bersih dan bebas dari kuman.
  2. Menggunakan air bersih
    Air bersih merupakan kebutuhan dasar untuk menjalani hidup sehat.
  3. Menggunakan jamban/MCK sehat
    Jamban merupakan infrastruktur sanitasi penting yang berkaitan dengan unit pembuangan kotoran dan air untuk keperluan pembersihan.
  4. Memberantas jentik nyamuk
    Nyamuk merupakan vektor berbagai jenis penyakit dan memutus siklus hidup makhluk tersebut menjadi bagian penting dalam pencegahan berbagai penyakit.
  5. Konsumsi buah dan sayur, melalui Kantin Sehat
    Buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta serat yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh optimal dan sehat.
  6. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
    Aktivitas fisik dapat berupa kegiatan olahraga ataupun aktivitas bekerja yang melibatkan gerakan dan keluarnya tenaga.
  7. Tidak merokok di lingkungan Sekolah (Sekolah sebagai KTR)
    Perokok aktif dapat menjadi sumber berbagai penyakit dan masalah kesehatan bagi perokok pasif. Berhenti merokok atau setidaknya tidak merokok di dalam rumah dapat menghindarkan keluarga dari berbagai masalah kesehatan.

Di SMP Negeri 3 Depok, PHBS dilaksanakan dalam kegiatan ;
1. JUMAT SEHAT yang didalamnya berisi tiga kegiatan yaitu : Senam/Jalan Sehat, Kerja Bakti, Bimnesi
2. GPS_ASTALISA : Gerakan Pungut Sampah, Aku Sayang Tanaman Lihat Sampah Ambil
3. Pengurangan sampah plastik dengan membawa botol minuman sendiri dari rumah
4. Kantin sehat, dengan meminimalisir  kantin untuk menjual makanan kemasan plastik

Diharapkan dengan PHBS ini putra putri kita dapat tumbuh sehat dan memiliki karakter peduli dengan kesehatan diri sendiri dan lingkungan. Program ini sangat bagus Kami sangat berharap mendapat dukungan dan berpartisipasi lebih dari orang tua. Berikut ini implementasi program yang dapat dilaksanakan oleh putra putri kita:

  1. Membawa bekal sehat yang sudah bunda siapkan dari rumah.  Putra putri tentu sangat suka dan bangga menikmati bekal sehat dari bunda.
  2. Gema Busa. Yang ini apa lagi ya… Gema Busa adalah Gemar Makan Buah dan Sayur. Mari Ayah Bunda siapkan buah dan sayur dalam bekal sekolah buah hati. Dengan buah dan sayur akan mendukung kecukupan gizi dan metabolisme yang sehat dalam tubuh mereka. Kantin sekolah juga akan memprogramkan sehari dalam seminggu hanya akan jual nasi sayur dan lauk dalam paket piringan, mohon dukunganganya.
  3. Mencuci tangan sebelum makan. Ayah Bunda tentu telah mengingatkan putri putri akan manfaat cuci tangan sebelum makan. Itulah pentingnya sekolah menyediakan Sarana bak cuci di depan kelas mereka. Terimakasih Ayah Bunda telah berpartisipasi mewujudkannya.
  4. GPS_Astalisa adalah Gerakan Pungut Sampah_ Aku Sayang Tanaman Lihat Sampah Ambil. Sebuah gerakan untuk menciptakan lingkungan yang asri dan bebas dari sampah. Tentu tidak nyaman khan…”belajar kok bareng sampah”. Mari kita ingatkan putra putri untuk peduli dengan membuang sampah pada tempatnya.
  5. Fasilitas sekolah untuk PHBS inshaAlah sudah memadai antara lain: 5 kamar mandi putra, 4 kamar mandi putri, 14 wastafel, Kantin bersih dan sehat, Taman yang nyaman. para siswa dipersilahkan menggunakannya dan merawat agar lebih banyak mendatangkan manfaat.

Nah demikian sekilas info program PHBS dari Sekolah. Mari dukung gerakan Hidup Sehat.
“Mens sana in corpore sano” dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Sebagai memoriam peristiwa paling penting di tahun 2020 pada bulan Maret s.d Juni, adalah adanya Pandemi COVID_19. Untuk mencegah penularannya maka yang perlu atau wajib dilakukan adalah:

1. JAGA JARAK dan memakai Alat Pelindung Diri
2. Stay at Home ( Work from home, Learning for home, Pray from home)
3. PHBS, dengan :
a. Cuci tangan dan semprot desinfectan
b. Tingkatkan Imunitas tubuh by infuse water lemon
c. Cara Menggunakan masker