RKJM 2020-2023
1. Standar Isi
- Melaksanakan Telaah dan pengembagan Standar Isi
- Melaksanakan Pengembangan Silabus dan RPP dan bahan tayang sebagai sumber belajar
- Mengembangan Kurikulum Muatan Lokal buatan guru sendiri
- Pengembangan Kurikulum dilaksanakan sesuai prosedur
2. Standar Proses
- Guru meiliki dan mengembangkan Perangkat Administrasi Pembelajaran lengkap
- Melaksanakan Pelatihan motivasi T-FEL.
- Melaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
- Melaksanakan Kegiatan pembelajaran di luar kelas
- Melaksanakan Pembelajaran remedial dan pengayaan
- Melaksanakan Pelaksanaan Pengawasan PBM
- Melaksanakan Pelaksanaan ekstrakurikuler efektif
- Pelaksanaan Pengenalan Likungan Sekolah bagi Peserta didik baru sudah sesuai aturan
- Pelaksanaan pengembangan dan integrasi PPK,4C, dan Literasi dalam setiap mata pelajaran
- Melaksanakan Pelatihan kepemimpinan OSIS secara efektif
- Melaksanaan KegiatanUsaha Kesehatan Sekolah secara profesional
- Melaksanakan Kegiatan Pesantren Kilat, retret dilaksanakan secara efektif
- Melaksanakan Pembinaan Kegiatan Lomba Kesiswaan (Olahraga, Kesenian, KIR, Pramuka, PMR, MTQ, Olimpiade).
- Melaksanakan Kegiatan Kreatifitas Siswa.
3. Standar Kompetensi Lulusan
- Penyusunan KKM sesuai prosedur
- Presatasi akademik UNBK, rata-rata dari 4 mata pelajaran 85,78
- Prestasi Akademik Ujian Sekolah nilai rata-rata dari 11 mata pelajaran 84,73
- Mencapakai Tingkat kelulusan 100% setiap tahun
- Mendapatkan kejuaraan pada KSN, KLSN, FLSN mendapatkan kejuaraan
- KOSN dapat meloloskan atlit untuk kejurkab dan Popda, mendapat kejuaraan 1
- Memperoleh peringkat ke-1 tingkat kabupaten dalam lomba Musabaqoh Tilawatil Quran, lebih dari 4 cabang
- Dapat meluluskan siswa beragama islam hafal 3 juz
- Memiliki lulusan yang kompeten dalam murotal dan tilawah
- Meluluskan siswa dengan TOEFL minimal 450
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Melaksanakan Kegiatan MKKS, MGMP.
- Melaksanakan Workshop Penggunaan Media Pembelajaran.
- Melaksanakan Workshop Penelitian Tindakan Kelas.
- Melaksanakan Workshop Penggunaan Bahasa Inggris.
- MelaksanakanWorkshop Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
- Melaksanakan Workshop Penggunaan Sistem Penilaian.
- Mengusahakan Tenaga Pendidik ASN untuk bersertifikat pendidik
- Memenuhi kebutuhan Tenaga pendidik dari ASN atau PPPK.
5. Standar Sarana dan Prasarana
- Perawatan Sekolah (Pengecatan, perbaikan atap bocor, perbaikan pintu dan jendela, perbaikan mebeler, sanitasi, perbaikan lantai ubin/keramik, dan perawatan sekolah lainnya)
- Melaksanakan Pemeliharaan Buku secara maksimal
- Melaksanakan Pemeliharaan Alat alat Pendidikan.
- Melaksanakan Pemeliharaan Peralatan Kantor.
- Melaksanakan Pemeliharaan Alat-alat Laboratorium.
- Melaksanak Pengadaan ATK sesuai kebutuhan
- Melaksanakan Pengadaan Alat Listrik sesuai kebutuhan
- Melaksanakan Pengadaan Alat kebersihan
- Melaksanakan Pengadaan Mebelair
- Melaksanakan Pengadaan Komputer/Printer/CPU/Bandwich/CCTV
- Melaksanakan Pengadaan Buku Teks pelajaran sesuai kebutuhan
- Melaksanakan Pengadaan Alat peraga/Media Pembelajaran.
- Melaksanakan Pengadaan Bahan Praktikum.
- Melaksanakan Pengadaan Alat alat Pendidikan
- Memiliki Sarana media sesuai standar
- Memiliki laboratorium IPA, dengan kondisi lengkap
- Memiliki Laboratorium Bahasa
- Memiliki Laboratorium IPS
- Memiliki Ruang OSIS sesuai dengan standar
- Memiliki gasebo untuk pojok literasi
- Ruang guru standar yaitu 4m2/guru
- Memiliki Ruang Wakil Kepala Sekolah standar
- Memiliki ruang transit yang memenuhi standar
- Memiliki ruang ganti putri
- Memiliki kamar mandi putri yang proporsional
- Memiliki POS SATPAM
- Memiliki asrama untuk boarding 60 orang
- Memiliki Ruang Front Ofice
- Memiliki Aula Sekolah
6. Standar Pengelolaan
- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah menggunakan sistem online yang bagus berbasis zonasi yang difasilitasi oleh dinas pendidikan kabupaten Sleman
- Penyusunan RKS, RKAS, RAPBS baru melibatkan stakeholder
- Penyusunan Kurikulum, Panduan Akademik, Panduan Ekstrakurikuler dan panduan lainya
- Mengikuti Akreditasi Sekolah 2020
- Penyelenggaraan Rapat rapat Dinas baru dilaksanakan rutin.
- Pengelolaan kerumahtanggaan sudah dilaksanakan dengan baik
- Pengelolaan BOS sudah bagus
- Pelaksanaan program kegiatan sesuai RKS, RKT, RKAS, RAPBS
- Pengelolaan dana BOS agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.
- Pengembangan sistem manajemen informasi sekolah.
- Pengembangan website: degadeonline.com sebagai kegiatan akademik dan pembelajaran.
- Pengembangan website: smpn3depoksleman.sch.id, sebagai media informasi dan publik relation
- Melaksanakan pengelolaan Kantin Sehat standar BPOM
- Menjadi sekolah ramah anak
7. Standar Pembiayaan
- Pemberian honorarium GTT/PTT sudah sesuai peraturan pemerintah dan kondisi sekolah
- Cetak, Jilid, Penggandaan sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku
- Pengelolaan Jasa Kantor : listirk, telpon, koran, internet sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku
8. Standar Penilaian
- Melaksanakan Penilaian Harian dilaksanakan pada setiap Kompetensi Dasar.
- Melaksanakan Penilaian Tengah Semster sudah dilaksanakan dengan baik secara online.
- Melaksanakan Penilaian Akhir Semester sudah dilaksanakan dengan baik .
- Melaksanakan Penilaian Kenaikan Kelas sudah dilaksanakan dengan baik .
- Melaksanakan Latihan Ujian Nasional sudah dilaksanakan dengan baik secara PBT dan CBT, ,sesuai prosedur
- Melaksanakan Ujian Sekolah sudah dilaksanakan dengan baik secara PBT.
- Penulisan Laporan Hasil Belajar sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedure dengan menggunakan E_Raport.
- Penulisan Ijazah dan pendokumentasiannya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur
9. Standar Inovasi Pengembangan Sekolah
- Melaksanakan School Green Program
- Menjadi Sekolah Milenial
- Menjadi Sekolah Ramah Anak
- Menjadi Sekolah Berprestasi
- Menjadi Sekolah Boarding