• November 30, 2020 5:44 pm

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

Mencari sekolah terbaik, dengan Jalur Prestasi

ByDarto Darto

Jun 16, 2020

oleh : Darto, S.Pd*)

Jalur Prestasi, merupakan jalur yang dilaksanakan pada tahap pertama PPDB SMP Negeri di Sleman tahun 2020. Jalur ini merupakan jalur yang diperuntukan bagi pemilik nilai gabungan 245 ke atas. Maksud dari Dinas Pendidikan melaksanakan jalur ini adalah agar anak anak terbaik di Sleman mendapat sekolah Negeri  tebaik di Sleman. Sifat dari Jalur ini adalah Lintas Zona, dengan proporsi 25% KK sleman, dan 5 % KK luar Sleman, dari total quota 30% peserta didik baru.
Tahapan ini dilaksanakan pada tanggal 17-22 Juni 2020 Pendaftaran,
Tanggal 22-23 Juni 2020 Verifikasi dan Seleksi,
Tanggal 24 Juni Pengumuman hasil selaksi,
Tanggal 24-26 Juni 2020 Daftar Ulang.

Yang perlu dan penting diperhatikan pada tahap ini adalah :
1. Calon siswa harus mempunyai nilai gabungan minimal 245
2. Disediakan 3 pilihan sekolah.
3. Jika Diterima pada pilihan manapun harus daftar ulang karena sudah tidak dapat daftar melalui jalur zonasi wilayah.

Mensikapi hal ini maka, susunan sekolah pilihan harus mempertimbangkan skala kesenangan, dari sangat senang, senang, dan cukup senang

Apakah mencari sekolah terbaik merupakan parameter sukses PPDB bagi orang tua?
Pada kesempatan ini akan disampaikan kembali apa itu sukses PPDB bagai orang tua.

Sukses PPDB itu adalah :

  1. Putra putri bisa masuk ke sekolah pilihan karena memenuhi kriteria.
  2. Orang tua dan putra putri dapat mengikuti proses pendidikan selama 3 tahun dengan bahagia,
  3. Setelah lulus putra putri dapat melanjutkan ke mana-mana.

Maksudnya adalah :
Pertama; Para Orang tua/Masyarakat tidak perlu memaksakan anaknya masuk di suatu sekolah kalau memang kriterianya tidak terpenuhi baik secara zona maupun prestasi. Jika secara kriteria tidak terpenuhi, namun dipaksakan, maka akan berdampak pada psikologis anak. Anak akan melanjutkan pendidikan dengan  beban moral. Contoh secara zona wilayah peluangnya kecil maka kemudian beralih zona radius dengan pindah KK, atau ganti jalur afirmasi dengan mencari Kartu Keluarga Miskin.
Kedua; Orang tua dapat mengetahui karakteristik/kultur pendidikan sekolah pilihannya dan mensinergikan dengan karakter putra putrinya hingga mereka selalu saling mendukung dan menguatkan selama proses pendidikan. Dengan demikian mereka secara bersama dapat mengikuti proses dengan bahagia. Contoh Sekolah tersebut sangat memiliki kultur disiplin dalam pendidikannya. Tepat waktu menjadi salah satu parameternya. Anaknya pengin datang tepat waktu, orang tuanya punya kebiasaan bangun siang, waduh pagi-pagi bakalan perang dunia, jika ini berlangsung terus tanpa sinergi, maka selama itu mereka menjalani proses dengan tidak bahagia

Ketiga;Kesuksesan ini yang butuh waktu dan proses, namun dapat ditentukan sejak menentukan pilihan sekolah saat PPDB. untuk itu perlu mempelajari/mengetahui rekam jejak sekolah dalam melakukan proses layanan pendidikan. Di sekolah yang dipilh, apakah ada keunggulan yang tak lenkang oleh jaman? Adakah pembekalan life skill yang mengacu pada ketrampilan abad 21, yakni 4C ( Critical thinking, Creative, Comunicative, Colabarative)

Mencari sekolah terbaik dengan jalur prestasi agar dapat menjadi sukses PPDB, dapat melalui tiga pertimbangan, yakni:

Pertama pertimbangan Rasional, Pertimbangan ini didasarkan pada rekam jejak dan kondisi nyata. Sekolah terbaik adalah sekolah yang memiliki rekam jejak dalam menghasilkan pesertra didik memperoleh  hasil UN tinggi untuk kelanjutan studynya kelak. Hal itu masih relevan manakala Ujian Nasional masih dilaksanakan. Kenyataanya mulai tahun 2020 Ujian Nasional sudah ditiadakan. Oleh karena itu seharusnya didasarkan pada informasi yang bersumber pada dokumen program unggulan sekolah sebagai pengganti Ujian Nasional. Bagaimana sekolah itu mempunyai program untuk menggerakan siswa memperoleh bekal yang baik pada studi selanjutnya.

SMP Negeri 3 Depok Sleman, layak dipertimbangan dengan telah mempunyai program unggulan

Program Unggulan SMP Negeri 3 Depok adalah :

  1. Meluluskan siswa dengan nilai TOEFL minimal 450
  2. Meluluskan siswa dengan memiliki minimal satu kompetensi life skill (IT, TTG, Kulinary, Pameran_Pagelaran)

Kedua ; pertimbangan keyakinan. Pertimbangan ini merupakan manifestasi hamba yang religus. Diterima dimanapun harus diyakini adalah yang terbaik menurut Allah. Oleh karena itu harus diambil sebagai sebagai satu ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah, dimana yang lain masih belum dapat sekolah, mereka sudah dapat.

Jika menempatkan SMP N 3 Depok sebagai pilihan pertama, dan pada akhirnya diterima di pilihan kedua atau tiga yan tetap harus diambil.

Ketiga; Pertimbangan Kata Hati Nurani. Di masa pendaftaran jalur prestasi, setelah melakukan survey ke beberapa sekolah yang akan dijadikan pilihan, terkadang timbul pikiran mencari informasi tentang biaya atau sumbangannya baik mengenai seragam maupun yang lainya. Dalam keadaan belum diterima terkadang muncul pemikiran yang sangat  mungkindari suara hati yaitu, kalau anakku diterima di sekolah ini, saya siap berpartisipasi dan berkontribusi dalam bentuk tenaga, pikiran, bahkan biaya. Jika suara hati ini muncul hendaknya dilaksanakan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Jangan pernah mengubah niat diperjalanan agar hasil tidak mengkhianati proses. Bagi pengelola sekolah sangat sering menyaksikan, merasakan perubahan sikap antara sebelum diterima dan sesudah diterima, sebagai sebuah realita. Yang paling penting ketika orang tua melaksanakan niatnya dengan memberikan sumbangan sukarela maka sekolah harus transparan dalam mempertanggung jawabkannya.

Dengan ketiga  pertimbangan tersebut, In sya Allah Jalur prestasi adalah jalan untuk mendapatkan sekolah terbaik.

*) Kepala SMP Negeri 3 Depok