oleh : Darto, S.Pd
Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan kegiatan yang paling fundamental. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menampung peserta didik dan membina siswa agar memiliki kemampuan, kecerdasan, dan keterampilan. Proses pendidikan memerlukan pembinaan secara terkoordinasi dan terarah yang diharapkan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal sehingga tercapainya tujuan pendidikan.
SMP Negeri 3 Depok sebagai suatu instansi pendidikan atau sekolah memiliki visi dan misi memaksimalkan layanan pendidikan sesuai dengan UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”. Dari pengertian pendidikan tersebut, jelas bahwa SMP Negeri 3 Depok melakukan kegiatan pengembangan potensi peserta didik secara optimal dan terpadu, baik dimensi spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan peserta didik.
Perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Untuk tujuan tersebut, perpustakaan sekolah perlu merealisasikan misi dan kebijakannya dalam memajukan masyarakat sekolah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai, koleksi yang berkualitas serta serangkaian aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik.
Kondisi Perpustakaan SMP Negeri 3 Depok, dan beberapa sekolah lainnya di Sleman sebagai berikut:
- Sekolahnya Mediocare, bukan sekolah favorite
Sejak berdirinya sampai dengan tahun 2018, SMP Negeri 3 Depok merupakan sekolah mediocare (sekolah standar, menengah) yang belum mengembangkan potensi sekolah secara maksimal.
- Bangunan Tua dan Jadul
SMP Negeri 3 Depok berdiri pada tahun 1980. Sehingga rata rata bangunan merupakan bangunan tua dan jadul yang berumur lebih dari 40 tahun. Pada Tahun 2020 dilakukan rehab atap ruang perpustakaan. maka pelayanan perpustakaan di SMP Negeri 3 Depok dapat berjalan secara maksimal.
- Layanan yang masih konvensial.
SMP Negeri 3 Depok dalam pelayanannya masih konvensional, menggunakan standar yang disesuaikan oleh lembaga sekolah dan kementerian pendidikan, belum berfokus pada kebutuhan anak dan potensi anak agar bisa lebih dikembangkan. Pelayanan pendidikan yang masih konvensional dapat dicontohkan pada peminjaman buku perpustakaan masih mencatat di buku, belum menggunakan aplikasi sistem informasi, pelayanan data induk sekolah belum terpusat.
Terkait beberapa permasalahan yang dihadapi SMP Negeri 3 Depok, seperti ; kurangnya minat, sekolahnya mediocare serta fasilitas yang belum optimal, maka perlu dilakukan revitalisasi sekolah khusunya perpustakaan menjadi gerbang sekolah digital untuk memperoleh sumber informasi .
Menghadapi era revolusi industri 4.0, perpustakaan sekolah juga harus mau berbenah. Pengelola harus mau merevitalisasi perpustakaan supaya tidak ditinggalkan siswa sekolahnya. Ini jadi tantangan tersendiri, bahwa pengelola perlu merevitalisasi perpustakaan secara adaptif dengan perkembangan zaman. Revitaslisasi perpustakaan SMP N 3 Depok menjadi PERPUSTAKAAN CERIA mempunyai tuujuan utama sebagai berikut :
- Meningkatkan fungsi dan peran perpustakaan
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektual para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Revitalisasi perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran perpustkaan dalam memeliharan dan meningkatkan efisiensi dan efelktifitas proses pendidikan serta sebagai sumber informasi di sekolah. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.
- Membangun kebanggaan pada sekolah
Perpustakaan Ceria SMP Negeri 3 Depok telah berkembang secara continu menjadi sebuah perpustakaan yang modern. Perpustakaan modern dapat di definisikan sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun, apakah informasi tersebut disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak.
Dalam perpustkaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksi serta pelayanannya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer). Perpustakaan Ceria terus berinovasi dan mengembangkan ide ide baru berbasis IT sehingga dapat menjadi kebanggaan Masyarakat.
- Mewujudkan Semarak Berprestasi
Perpustakaan Ceria SMP Negeri 3 Depok sebagai Gerbang Informasi sekolah terus melakukan Revitaslisasi untuk mendukung dan mewujudkan Semarak Berprestasi yaitu Sekolah Milenial Ramah Anak Berprestasi.
Revitaslisasi Perpustakaan SMP N 3 DEPOK memiliki manfaat untuk meningkatkan dan memelihara efisiensi serta efektifitas layanan perpustkaan kepada anggotanya maupun masyarkat yang menggunakan layanan. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada serta memudahkan masyarakat sekitar dalam mengakses informasi. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya berbagai perbaikan yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan. Manfaat dari Revitalisasi Perpustakaan Sekolah adalah :
1.Menjadikan Perpustakaan sebagai Gerbang memperoleh informasi :
Perpustakaan Ceria membantu anggota dan masyarakat sekitar dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan supaya :
- Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan
- Tanggap dalam kemajuan ilmu pengetahuan
- Memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif
- Mengembangkan kemampuan berfiir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya
2. Menjadikan perpustakaan sebagai jantung layanan peningkatan mutu
Perpustakaan Ceria diharapkan menjadi jantung layanan peningkatan mutu di sekolah. Hal ini sangat berkaitan dengan fungsi dari perpustkaan sekolah, yaitu:
- Fungsi Edukatif (fungsi kedudukan) Yang dimaksud dengan fungsi edukatif ialah bahwa perpustakaan harus mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan dan ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan daya fikir yang rasianal dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam cara menggunakan bahan pustaka dengan baik inilah nilai kependidikan dari perpustakaan sekolah.
- Fungsi Informatif Maksudnya ialah bahwa perpustakaan harus mampu menyediakan bahan-bahan dan sumber informasi yang beraneka ragam, bermutu dan up to date yang disusun secara teratur dan pemakaian jasa perpustakaan dalam mencari informasi yang diperlikan.
- Fungsi Administratif Maksudnya ialah bahwa perpustakaan harus disertai dengan kegiatan pencatatan, penyelesaian, pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi praktis, efisien dan efektif.
- Fungsi Rekreasi Artinya bahwa perpustakaan sekolah disampingmenyediakan bukubuku ilmu pengetahuan, juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif atau hiburan, yang bermutu yang dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu-waktu senggang baik untuk buku-buku cerita, cergam, majalah hiburan dan lain-lain
3. Menjadikan Perpustakaan Ceria sebagai pemicu Gerakan Perbaikan Kualitas menuju Gerbang Sekolah Digital
Berikut visualisasi hasil Revitalisasi Perpustakaan