• December 1, 2020 3:12 am

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

MAU SEKOLAH DI DEPOK? INI HASIL JAJAK PENDAPAT ANIMAS

ByDarto Darto

Jun 9, 2020

ANIMAS : ANIMO MASUK SMP DEPOK

Asslamu’alaikum wr.wb
Pertama ucapkan terima kasih kepada para responden yang dengan sukarela berpartisipasi pada Jajak Pendapat Animas : Animo Masyarakat Masuk SMP Depok. Jajak pendapat digelar mulai 20 April sd 7 Mei 2020

Diskripsi Responden, sbb:

  1. Jajak pendapat diberikan kepada responden di 9 kelurahan zona 1 nya SMP Negeri 3 Depok, ternyata hanya 6 kelurahan yang mengumpulkan berarti 67%. yaitu kelurahan Maguwoharjo, Condong Catur, Catur Tunggal, Wedomartani, Minomartani, Purwomartani
  2. Keluarahan tersebut berada di 4 kecamatan yaitu Depok, Ngaglik,Ngemplak dan Kalasan, t
  3. Berasal dari 28 SD dan MI
  4. Rata-rata Nilai Raport Responden :

Hasil Jajak Pendapat

  1. Refrensi responden dalam memilihan sekolah masih berdasarkan rekam jejak kinerja sekolah terhadap hasil UN
  2. Mereka cenderung memilih dan menempatkan pilihan sekolah linier dengan nilai raportnya
  3. Inilah urutan kinerja sekolah terhadap hasil UN SMP  jika dijadikan refernsi adalah sbb:

    sumber : (Juknis PPDB SMA/SMK 2020 Prop DIY)
  4. Terdapat 7 SMP yang dijadikan pilihan dari 8 sekolah yang disediakan, yaitu : SMP N 1, 2,3,4,5 Depok, SMP N 3 Kalasan, SMP N 1 Ngaglik.
  5. Sebagian besar responden belum mengetahui Program unggulan dari setiap sekolah yang disajikan.
  6. Terhadap Responden yang menempatkan SMP N 3 Depok sebagai pilihan I, maka terdapat hasil sebagai berikut:

Rekomendasi

  1. Kepada para responden yang masih melakukan pilihan sekolah berdasarkan kinerja sekolah dalam menghasilkan UN mohon ditinjau ulang karena ke depan sudah tidak ada Ujian Nasional. Tentu strategi sekolah menyiapkan siswa untuk menghasilkan Nilai UN tinggi berbeda dengan strategi sekolah untuk meluluskan siswa dengan mampu menguasi  kompetensi. Strategi itu tercermin dari program unggulan yang tak lekang oleh jaman.
  1. Memilih sekolah bukan hanya disesuaikan dengan nilainya saja tetapi juga harus disertai pemahaman tentang karakteristik kultur pembelajaranya agar 3 tahun dapat mengikuti proses dengan bahagia
  2. Setiap calon siswa dan orang tuanya harus melakukan survey/mencari informasi tentang; karakteristik kultur pembelajaranya dan program unggulan yang tak lekang oleh jaman.
  3. SMP Negeri di zona 1 dari keluarahan responden harus sosialisasi program unggulan pasca dihapusnya Ujian Nasional.
  4. Bagi Responden yang menempatkan SMP N 3 Depok sebagai pilihan pertama, maka wajib segera mengetahui tentang kondisi dan programnya. Agar tidak menyesal di kemudian hari, terutama pada Sarpras Gedung dan SDM Guru yang di mana masih dibawah 50% responden mengetahui tentang Gedung SMP N 3  Depok yang sudah tua dan SDM Guru yang mengajar lebih banyak non ASN.

    SMP N 3 DEPOK paling siap Berprestasi tanpa Ujian Nasional

    SMP N 3 Depok, Semarak Berprestasi


    SMP Negeri 3 Depok mengambil Branding Semarak Berprestasi yang bermakna
    Sekolah Milenial Ramah Anak (Semarak), adalah sebuah tempat yang menggambarkan kondisi dan lingkungan beserta ekosistemnya dalam upaya mendapatkan prestasi dari apa yang dilakukannya.

    Di samping itu sesuai dengan KBBI;

    1. Semarak adalah cahaya untuk mendapatkan keelokan dan kemuliaan
    2. Berprestasi, mempunyai prestasi dalam suatu hal (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya)

    Sehingga diharapkan SMP Negeri 3 Depok adalah sebagai wahana yang tak lekang oleh jaman, menjadi cahaya pencerah yang ramah bagi berkumpulnya anak milenial untuk mendapatkan keelokan dan kemuliaan berprestasi.

    Program Unggulan SMP Negeri 3 Depok adalah :

    1. Meluluskan siswa dengan nilai TOEFL minimal 450
    2. Meluluskan siswa dengan memiliki minimal satu kompetensi life skill (IT, TTG, Kulinary, Pameran_Pagelaran)

    Kegiatan yang dilakukan untuk mencapai program tersebut adalah:

    1. EFMASA : English for Mathematic and Science, sebagai kegiatan kokurikuler sebanyak 180 menit (2x@90 menit) wajib diikuti semua siswa.
    2. LSBLB (Libur sekolah bukan Libur Belajar) dengan tagihan berbentuk reportase kegiatan dalam bahasa inggris terupload di youtobe.
    3. English Camp/Internasional Trip
    4. Menyelenggarakan kegiatan peminatan life skill IT, TTG, Kulinary, Pameran_Pagelaran, dengan menekuni satu bidang peminatan tersebut selama 3 tahun akan mampu minimal memiliki satu produk life skill yang diminatinya.

    Mungkin sekolah lain masih kebingungan jualan program apa ya setelah tidak ada UN?
    InshAllah SMP Negeri 3 Depok siap menjadi pilihan pertama. Dengan Semarak Berprestasi SMP Dega mampu menjadi tempat menyekolahkan anak bukan tempat membuang anak ke sekolah.

    Dan jika masyarakat pada saat ini masih  memilih sekolah hanya didasarkan pada rekam jejak penghasil UN tinggi, maka boleh jadi selama berproses tiga tahun di dalamnya tidak akan mendapatkan apa-apa seiring dengan dihapuskannya Ujian Nasional. Waspadalah….