Ekstrakurikuler wajib pilihan artinya Setiap siswa harus mengikuti salah satu dari kelompok ini. Kelompok ekstra ini terdiri dari:
1. Kulinary
2. IT
3. Teknologi Tepat Guna
4. Pameran_Pagelaran
Untuk IT pelaksanaannya disesuaikan dengan tingkatan kelas seperti :
IT kelas 7 : adalah Aplikasi Ofice
IT kelas 8 : adalah Coding Dasar
IT kelas 9 : adalah Coding lanjut
1.EKSTRAKULIKULER KULINER
Kuliner. Apa yang ada dipikiranmu saat mendengat kata itu?
Memasak kah? Makanan kah? Atau sesuatu yang mengenyangkan ?
Salah satu pengembangan bakat wajib pilihan yang ditawarkan di SMP Negeri 3 Depok adalah ekstra Kuliner. Ekstra kuliner adalah ekstra dimana peserta didik tidak hanya dibimbing untuk memasak, namun juga bagaimana menghitung harga jual, menghias makanan, bahkan membuat video tutorial yang nantinya dapat berguna untuk peserta didik dan khalayak ramai.
Ekstra Kuliner dilaksanakan setiap hari Senin. Peserta didik yang ingin bergabung dalam Ekstra Kuliner ini terbatas jumlanya. Sementara ini, ekstra kuliner hanya menerima maksimal 37 peserta didik. Hal ini dikarenakan faktor alat dan pembimbing yang ada. Jadi, peserta didik diwajibkan mengikuti seleksi di awal semester sebelum bergabung. Peserta didik yang lolos seleksi bukan hanya peserta didik yang sudah memiliki bakat memasak , namun ada juga yang skill memasaknya masih di kelas zero. Hal tersebut bukan suatu kendala, karena nantinya akan ada pembelajaran intensif selama ekstra berlangsung.
Tujuan pengembangan diri kuliner yaitu:
- Peserta didik mampu mengolah makanan/minuman/snack yang memiliki daya jual
- Peserta didik mampu menentukan harga jual setiap produk yang dibuat
- Peserta didik mampu melakuakn transaksi penjualan dengan baik
- Peserta didik mampu menghidangkan produk olahan dengan plating yang menarik
- Peserta didik mampu membuat video tutorial setiap produk yang di olah
- Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok besar dan kecil
- Peserta didikk mampu mengembangkan nilai-nilai kebersihan dan kebersamaan
2.EKSTRAKULIKULER IT
Ekstra Teknologi Informatika (IT) merupakan salah satu ekstra yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang teknologi, khususnya yang berhubungan dengan penggunaan computer atau laptop berbasis internet. Peserta didik di bombing untuk dapat menjadi generasi yang mandiri secara milineal sejalan dengan perkembangan pendidikan 4.0
Tujuan Pengembangan diri IT yaitu:
- Mengokohkan eksistensi ekstrakulikuler sebagai wadah pembentukan dan pengembangan bakat dan potensi siswa di luar akademik.
- Menjadikan Ekstrakulikuler disamping sebagai wadah bagi perintisan prestasi siswa khususnya, juga sebagai wadah pengembangan kepribadian seperti kepercayaan diri.
- untuk meningkatkan kreativitas, inovatif juga untuk mengembangkan ilmu para peserta ekstrakurikuler khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan tenologi komputer agar bisa mengikuti Perkembangan teknologi dibidang komputer yang semakin pesat perkembangannya.
Manfaat Ekstra IT yaitu:
- Membangkitkan rasa keingintahuan terhadap perkembangan zaman yang berhubungan dengan ilmu pengetahuandan teknologi.
- Meningkatkan kemampuan berpikir terhadap kemajuan ilmu technology (computer thinking).
- Meningkatkan kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
- Menambah wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan keterampilan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Sebagai wahana untuk menempa kedewasaan sikap dan kepribadian.
- Mengenal sifat-sifat ilmiah, jujur, optimis, terbuka, percaya diri, toleransi, kreatif, kritis, dan skeptis.
- Membuka kesempatan untuk mendapat prioritas melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berkualitas.
3. EKSTRAKULIKULER TEKNOLOGI TEPAT GUNA
Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. Teknologi tersebut bersifat murah dan mudah. Selain itu juga memiliki nilai guna (manfaat) yang tinggi bagi masyarakat.
Tujuan Pengembangan Diri TTG yaitu:
- Menyediakan wadah bagi siswa yang minat dan gemar dalam membuat produk baru
- Menumbuhkan ide-ide kreatif para siswa dalam bidang TTG
- Memberikan keterampilan kepada siswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang teknologi tepat guna.
- Memberikan solusi terhadap masalah yang ada di sekitar siswa.