TRY OUT USDA dan SEMINAR PPDB SMP SLEMAN

Ahad, 15 Maret 2020 hari yang penuh haru biru bagi OSIS SMP N 3 Depok dikarenakan OSIS Dega menyelenggarakan kegiatan pengumpulan masa di tengah antisipasi dan pencegahan COVID-19. Adalah kegiatan Tryout USDA bagi siswa kelas 6 SD dan seminar TRIK dan TIP mengikuti PPDB SMP tahun 2020 di Sleman.

Tryout USDA diikuti oleh 370 peserta yang mendaftarkan diri secara On line, dan 320 melakukan registrasi dengan mengambil tiket Tryout dan Seminar pada tanggal 12-13 Maret 2020. Untuk menarik minat para peserta, kegiatan itu memberikan door prize utama berupa sepeda gunung yang dapat dipakai ke sekolah kelak. Para Juara I, II, III akan mendapat uang pembinaan berupa tabungan dari Bank UGM selaku sponsor utama. SoalĀ  dan pengkoreksian dilaksanakan atas kerjasama dengan Lembaga Bimbel SSCI Wedomartani.

Seminar dikuti oleh orang tua siswa pesrta Try Out. Momentum ini oleh sekolah dijadikan media sosialisasi SMP N 3 Depok dalam PPDB SMP di Sleman. Selaku narasumber seminar Kepala SMP Negeri 3 Depok, Darto.S.Pd. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan bahwa PPDB di Sleman menggunakan permendikbud no.44 tahun 2019. Kebijakan PPDB di Sleman menyesuaikan permen yang mengaturnya yakni ditetapkan Jalur Prestasi(30%), Jalur Afirmasi (15%), Jalur Kepindahan Tugas Orangtua(5%), dan Jalur Zonasi (min 50%). Mengenai teknis dan waktu pendaftaran diatur tersendiri melalui petunjuk teknis yang sedang digodog, seperti penentuan zonanya. Direncanakan PPDB di Sleman dilaksanakan tiga tahap yakni:
1. Tahap I, Jalur Prestasi : tanggal 22-23 Juni 2020, 24 Juni Pengumuman
2. TahapII, Jalur Afrmasi, Kepindahan Tugas Orang Tua, ABK : tanggal 25-26 Juni 2020, Pengumuman 27 Juni
3. Tahap III, Jalur Zonasi : tanggal 1,2,3 Juli 2020.
Jika disesuaikan dengan peraturan tersebut maka daya tampung SMP N 3 Depok menjadi sebagai berikut : Jalur Prestasi quota 39, Jalur Afirmasi quota 19 , jalur PTO quota 6, Jalur Zonasi 64
untuk melengkapi informasi silahkan simak video berikut:

  1. Video Wawancara Kepala SMP N 3 DepokĀ 
  2. Video Kegiatan, Keseruan peserta dan panitia