SEKILAS INFO
27-07-2021
  • 7 bulan yang lalu / Tanggal 18 Desember 2020 ada Jadwal LSBLB…ayok cermati
  • 7 bulan yang lalu / Laporan hasil belajar Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Desember 2020
  • 1 tahun yang lalu / Info Qurban dan 39tahun Dega
30
Jan 2021
0
Terobosan Pemetaan Mutu Pendidikan SMP/MTs oleh Daerah.

Pada tahun 2020, kebijakan Ujian Nasional sebagai wahana pemetaan mutu pendidikan telah dihapuskan, namun bentuk kegiatan pemetaan mutu penggantinya belum juga dapat dilaksanakan. sehingga pemetaan mutu kehilangan sumber data yang dibutuhkan. Assesmen Nasional sebagai pengantinya diundur pelaksanaannya pada September-Oktober 2021. Dalam rangka mengisi kekosongan ini, Dinas Pendidikan DIY, mempunyai gagasan cerdas dengan melaksanakan Assesmen Standard Pendidikan Daerah. Bersama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, mengadakan pertemuan yang membahas perihal Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil Pertemuan pentimg tersebut adalah:

  1. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Daerah lstimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) Tahun Pelajaran 2020/202 1 untuk kelas IX jenjang SMP/MTs.
  2. Asesmen Standar Pendidikan Daerah terdiri dari 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa lnggris dan llmu Pengetahuan Alam (IPA).
  3. Asesmen Standar Pendidikan Daerah dipergunakan untuk melakukan pemetaan terhadap mutu pendidikan jenjang SMP/MTs di I. Yogyakarta dan tidak dipergunakan untuk menentukan kelulusan siswa.
  4. Pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah akan menggunakan metoda berbasis komputer di masing-masing satuan
  5. Seluruh satuan pendidikan jenjang SIV]P/MTs dimohon untuk melakukan verifikasi dan validasi data calon peserta Asesmen Standar Pendidikan Daerah melalui DAPODIK dan
  6. Aturan pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah akan diatur dalam Prosedur Operasional Standar (POS).

Dari butir- butir tersebut, apakah ASPD dipergunakan sebagai seleksi PPDB masuk SMA/SMK di DIY? ini masih memerlukan tinjauan dan kajianlebih lanjut. Patut ditunggu kebijakan PPDB Zonasi di DIY yang berkeadilan, menginggat PPDB tahun 2021 tetap dengan jalur:

1. Zonasi : minimal 50%
2. Afirmasi  (KKM dan ABK) ; 15%
3. Pindah Tugas Orang Tua : 5 %
4. Prestasi : 30%

Di DIY, PPDB dengan menggunakan kombinasi zonasi dan alat seleksi lain masih sangat relevan, mengingat daya tampung sekolah negeri (SMA dan SMK) jauh dibawah lulusan SMP/MTs tahun 2021
Surat Edaran ASPD(silahkan download)

Pengunjung

Flag Counter

YES…Our Support

Spupported by: IKLAN