
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis materi MPLS TA 2024/2025 untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.
MPLS TA 2024/2025 adalah kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.
Mengadopsi Kurikulum Merdeka, Materi MPLS TA 2024/2025 berisi tema ide pembelajaran yang edukatif dan kreatif. Adapun tema materi MPLS TA 2024/2025 yakni “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).”
Hal itu bertujuan untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang inklusif, berkebinekaan, aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.
Selain materi tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di sekolah, meteri MPLS yang perlu diperkenalkan adalah Wawasan Wiyata Mandala, Pengenalan Kurikulum Merdeka, dan P5
Wawasan Wiyata Mandala pada MPLS 2024 yaitu suatu pandangan atau sikap menghargai terhadap tanggung jawab dalam lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu. Pada materi ini di SMP N 3 Depok melingkupi
- Orientasi Lingkungan
- PHBS dan Gerakan Sedekah Jlantah
- Sosialisasi Visi Misi Sekolah
- Belajar Menyanyikan Lagu Mars SMP N 3 Depok
- Perkenalan Wali Kelas dan Guru
- Tata Tertib SMP N 3 Depok dan Tata Krama
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru, yang implementasi berpusat pada peserta didik, di SMP N 3 Depok meliputi
- Gerakan Literasi Numerasi
- Cara Belajar Efektif
- Aktif Bertanya dan Ditanya
- Demo dan Ragam Ekstrakurikuler
- Mengenali dan mengembangkan Potensi
P5 adalah Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila yang merupakan merupakan kegiatan kokurikluer. di SMP N 3 Depokyang melingkupi
- Makan Roti Manis
- Pembiasaan Disiplin Positif
- Hidup Damai Tanpa Bulying dan Kekerasan
- Bernyanyi dan berbicara Nasionalisme
- Say No To Drug, Sehat dan Sabar Tanpa Tepi
MPLS di SMP Negeri 3 Depok
MPLS dilaksnakan dari tanggal 15 – 17 Juli 2024, dengan peserta seluruh siswa baru sejumlah 128 orang, dan panitia adalah guru dengan dibantu beberapa siswa terpilih dan terlatih.
Metode Penyajian
Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah peserta didik agar dapat berlangsung efektif dan konstruktif maka perlu penerapan metoda sebagai berikut:
- 3M : Murah, Meriah, Menyenangkan agar memberi kesan yang mendalam bagi siswa bahwa mereka telah diterima dan berada dalam lingkungan sekolah baru yang dicita-citakannya.
- Humanis : Tidak mengandung unsur perpeloncoan, tidak bersifat menyakiti siswa baik dengan menggunakan kata-kata maupun perbuatan yang dapat merendahkan martabat siswa.
- Kooperatif Learning dan Aktif Learning : Diskusi dan olah pikir yang dikemas dalam bentuk sederhana tentang masalah aktual sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
- Diskusi , Demontrasi dan Ceramah, secara efektif dan bersifat umum serta lebih mengutamakan pelaksanaan dalam bentuk simulasi