SEKILAS INFO
17-06-2021
  • 6 bulan yang lalu / Tanggal 18 Desember 2020 ada Jadwal LSBLB…ayok cermati
  • 6 bulan yang lalu / Laporan hasil belajar Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Desember 2020
  • 10 bulan yang lalu / Info Qurban dan 39tahun Dega
18
Aug 2018
0

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 73, SMP N 3 Depok menggelar lomba Paduan Suara antar kelas. Lomba tersebut diselenggarakan hari Sabtu, 11 Agustus 2018 dengan peserta seluruh murid kelas 7, 8 dan 9. Sebanyak 12 kelas mengikuti lomba paduan suara dengan begitu antusias membawakan  repertoar lagu Indonesia Raya dan Mars SMP N 3 Depok.

Pemilihan lagu Indonesia Raya sebagai salah satu lagu wajib untuk lomba paduan suara tidak lepas dari pendidikan karakter untuk anak-anak. Mengenal dan memahami lagu Indonesia Raya berarti mengenal sejarah dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Lagu ini memang terdengar biasa dan semua orang di Indonesia biasa menyanyikan pada saat upacara setiap hari Senin. Tapi mari kita bayangkan, bertepatan dengan Asian Games dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan untuk kemenangan atlet-atlet kita.Membayangkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setelah berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia, bahkan yang melihat pun akan timbul rasa haru dan kebanggaan yang luar biasa. Bukan tidak mungkin beberapa tahun lagi anak-anak SMP N 3 Depok berjuang mengharumkan nama Indonesia, meraih prestasi di tingkat nasional bahkan internasional dan bangga ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan.  Oleh karena itu diharapkan dari lomba tersebut anak-anak menjadi lebih bersemangat dan memaknai lagu Indonesia Raya sebagai bentuk pengamalan dan rasa kebanggaan bertanah air Indonesia.

Pemilihan lagu kedua pun bukan tanpa alasan. Lagu yang kedua adalah Mars SMP N 3 Depok. Sebagai salah satu almamater dalam mereka  mencari ilmu, diharapkan anak-anak dapat ‘mikul duwur mendem jero’ sebagai salah satu pendidikan karakter. Mikul duwur artinya menjunjung tinggi derajat SMP N 3 Depok dengan selalu bersungguh-sungguh belajar sehingga menorehkan prestasi dan hal-hal positif dimanapun. Mendem jero artinya adalah mengubur dalam-dalam ha-hal negatif/kurang baik dengan terus berusaha memperbaiki kualitas diri sendiri.

Musik adalah bahasa yang universal. Dalam event ini khususnya, format yang ditentukan adalah Paduan Suara. Dalam paduan suara unisono (bernyanyi dalam satu suara) anak-anak dituntut untuk berlatih menyamakan suara. Ada nilai pendidikan Bhinneka Tunggal Ika disitu, bahwa apapun ras, suku, agama dan karakter yang berbeda-beda bisa disatukan dengan bernyanyi paduan suara. Selain itu ada nilai kedisiplinan ketika mereka berlatih tepat waktu dan nilai kerjasama ketika mereka mengatur posisi berbaris ataupun sikap yang harus mereka tunjukkan ketika tampil.

Pada hari Jumat, 17 Agustus 2018 kemarin, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, SMP N 3 Depok ikut merayakan dengan mengadakan upacara di sekolah. Pada acara lain-lain diumumkan juara untuk lomba paduan suara. Adapun tampil sebagai juara dari kelas 7 adalah kelas 7C dengan total nilai 988. Dari kelas 8 adalah kelas 8D dengan total nilai 1016. Kemudian dari kelas 9 tampil sebagai juara adalah kelas 9B dengan total nilai 1029.

Selamat kepada kelas yang juara!

Mari kita tingkatkan rasa cinta tanah air kita dengan cara menyanyikan lagu Indonesia dengan intonasi yang tepat dan sikap yang baik.

Mari kita tingkatkan kebanggan kita akan almamater SMP N 3 Depok dengan menyanyikan lagu Mars SMP N 3 Depok dengan semangat yang khidmat.

SMP N Depok Tiga Maju dan Jaya!

Pengunjung

Flag Counter

YES…Our Support

Spupported by: IKLAN