• November 30, 2020 5:05 pm

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

TMMM

SMP N 3 Depok memiliki banyak pembiasaan untuk siswa. Salah satu pembiasaan untuk siswa adalah TMMM. TMMM merupakan singkatan dari Tugas Malam Minggu Malam. Apa itu Tugas Malam Minggu Malam? Tugas Malam Minggu Malam adalah bentuk pembiasaan untuk siswa berupa tugas dari guru dan dikerjakan oleh siswa di rumah. Pembiasaan TMMM ini diberikan pada siswa kelas IX. Tugas ini diberikan bukan tanpa tujuan, tetapi memiliki tujuan untuk membantu siswa.

Mengenai tujuan pembiasaan TMMM adalah untuk membantu persiapan siswa dalam menghadapi UN (Ujian Nasional). Tercapainya tujuan tersebut dengan cara pemberian tugas berupa latihan soal sesuai dengan standar soal Ujian Nasional. Pemberian soal latihan ini agar siswa lebih mantap dan siap untuk mengerjakan ujian. Hal tersebut karena siswa sudah terbiasa mengerjakan soal sehingga hapal dengan tipe soal ujian. Selain itu, siswa dapat memahami materi ketika mengerjakan tugas tersebut. Soal yang diberikan dari 4 mata pelajaran UN yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Pelaksanaan TMMM untuk 4 mata pelajaran Ujian Nasional diberikan secara bergantian setiap minggunya.

Pelaksaan TMMM diberikan setiap malam Minggu dan Minggu malam atau malam senin. Setiap malam Minggu siswa diberikan soal satu mata pelajaran (misalkan bahasa Indonesia) dan malam Senin diberikan soal Matematika. Namun, semakin dekat hari ujian nasional, soal yang diberikan menjadi 2 mata pelajaran permalam. Siswa dapat mengerjakan soal TMMM ini dengan mengakses website sekolah dengan alamat degadeonline.com dan memilih menu TMMM (Tugas Malam Minggu Malam). Tahun lalu pelaksanaan pembiasaan ini pernah melalui aplikasi Simple/google form

Setelah siswa mengerjakan TMMM dari website sekolah, tentu saja ada tindak lanjut untuk tugas tersebut. Hasil pekerjaan siswa diunduh oleh guru kemudian dianalisis. Hasil analisis tersebut diberikan kepada siswa dan wali siswa dalam bentuk nilai. Selain itu, soal-soal yang diberikan juga dibahas olehh guru saat pembelajaran tambahan. Selama ini, pembiasaan TMMM hanya diberikan untuk siswa kelas IX. Namun, kedepannya dapat juga diberikan untuk siswa kelas VII dan VIII.