SEKILAS INFO
14-04-2021
  • 3 bulan yang lalu / Tanggal 18 Desember 2020 ada Jadwal LSBLB…ayok cermati
  • 4 bulan yang lalu / Laporan hasil belajar Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dilaksanakan tanggal 17 dan 18 Desember 2020
  • 8 bulan yang lalu / Info Qurban dan 39tahun Dega
6
Oct 2020
0
SIAP MENUJU AKM dengan 3N_Niteni, Niroke, Nambahi





Jakarta; Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter ditetapkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). AKM bakal dimulai pada 2021.(http://smpn1biakkota.sch.id/detailpost/tahun-depan-unbk-diganti-menjadi-akm-asesmen-kompetensi-minimal)

“Asesmen kompetensi minimun adalah kompetensi minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum,” (Nadiem Anwar Makariem)

Sesuai dengan fungsi AKM itu sendiri, bahwa Asesmen Kompetensi Mininum dan Surveri Karakter (AKMSK) terdiri dari kemampuan bernalar dengan menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Kemampuan literasi dan numerasi adalah dua komponen penting yang perlu diukur dan menjadi kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar.

Baiklah dibawah ini Saya hanya sekedar share informasi terkait contoh soal AKM untuk SMP/MTs. Kemungkinan tingkat SMA juga tidak akan jauh berbeda dengan soal dibawah ini. Setiap guru akan mendapatkan soal AKM yang berbeda-beda, dengan rincian 10 soal tentang kemampuan numerik, dan 30 soal karakter.

Karakter soal panjang-panjang. Misalkan satu materi soal maka akan dibuat 10 pertanyaan. Untuk itu perlu daya nalar yang kuat dan focus jangan terkecoh atas semua jawaban yang memang semuanya benar, namun kita pilih jawaban yang paling tepat

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut penggunaan AKM masih harus disempurnakan. Perlengkapan fasilitas dan pelatihan guru untuk pelaksanaan AKM juga bakal diberikan sesegera mungkin.

“Namun ini, karena pertama kali tahun 2021 pasti banyak tantangan. Tapi insyaallah dengan dukungan kepala dinas kita bisa pastikan infrastruktur siap,” ujar Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, secara virtual, Kamis, 3 September 2020.

Nadiem menyampaikan, AKM juga merupakan langkah dari memerdekakan siswa. Adapun kemerdekaan yang dimaksud adalah bebasnya peserta didik dari diskriminasi sistemik yang berdampak pada pembelajaran atau pemerolehan materi.

“AKM ini memerdekakan anak kita dari apapun. Bahwa pembelajaran bukan masalah menguasai materi, tapi kemampuan mengolah informasi dan kritis,” jelas Nadiem.

Nadiem menilai pembelajaran yang tepat bagi siswa ialah pembelajaran yang tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Menurutnya, jika pembelajaran disamakan untuk semua siswa, maka proses pembelajaran yang tepat tidak akan terjadi.

“Jadi mengajar di kompetensi yang tepat itu bentuk memerdekakan. Semua siswa di indonesia bisa belajar karena tidak diseragamkan semua level kompetensi. Jadi itulah kemederekaan dalam kurikulum dan siswa menunjukan bernalar kritis tanpa menghapal begitu banyak informasi,” katanya.

Pada 2021 pihaknya bakal mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan AKM sebesar Rp478,4 miliar. Rinciannya, sebanyak Rp358,2 miliar untuk AKM dan akreditasi, dan Rp120,2 miliar untuk pendampingan pemerintah daerah terkait AKM.

Berikut ini Contoh Soal-soal AKM  SMP/MTs:
1. Salma diajak temannya untuk datang ke acara jumpa fans artis idolannya, namun waktunya bertepatan dengan jadwal bimbingan belajar. Ia sudah mempunyai kesepakatan dengan orang tuanya untuk tidak bolos. Apa yang seharusnya Salma lakukan?
a. Mengikuti ajakan temannya, karena acara tersebut jarang dilakukan
b. Meminta izin pada orang tua, untuk sekali ini saja bolos bimbel
c. Tetap bimbel dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut
d. Tetap bimbel namun meminta izin untuk pulang lebih awal

2. Khairul dan Lukas mendapat tugas untuk mencari materi di internet. Ketika sedang mengerjakan tugas di rumah Lukas, Khairul diajak bermain game online. Padahal, Ibu Khairul agar ia tak bermain game online. Apa yang seharusnya dilakukan Khairul?
a. Mengikuti ajakan Lukas, karena game tersebut edisi terbaru
b. Bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan
c. Menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya
d. Meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya selesai

3.Sekolah melarang siswa-siswinya berambut gondrong. Seorang guru menegur Rudi agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Rudi menyukai model rambutnya saat ini. Apa yang sebaiknya dilakukan Rudi?
a. Membaut alasan agar dimaklumi guru
b. Segera memotong rambutnya setelah pulang sekolah
c. Mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong
d. Menunggu sampai ditegur lagi lalu memotong rambutnya

4, Alisa berasal dari suku yang berbeda dengan Gita, ketika sedang berdiskusi tentang kebudayaan, Gita sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung pearasaan Alisa, apa yang sebaiknya dilakukan Alisa?
a. Menyanggah apa yang dikatakan Gita mengenai sukunya
b. Mengabaikan perasannya dan focus pada topic diskusi
c. Membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Gita
d. Menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing

5. Marlina menemukan uang yang jatuh disekolahnya, ia ingin mengembalikan uang tersebut, namun tidak tahu siapa pemiliknya, apa yang sebaiknya dilakukan Marlina?
a. Membawa uang tersebut pulang
b. Uang diserahkan ke guru
c. Memberitahukan kepada temannya
d. Membiarkan saja

Dengan melihat contoh  di atas maka guru dapat menggunakan 3N untuk mempersiapkan siswa siswi kelas 4, 8, dan 11 untuk mengikuti AKM. Tiga N tersebut adalah:
1. Niteni : Memperhatikan dengan seksama karakteristiknya
2. Niroke : Menirukan, membuat contoh soal yang setara, mirip dengan contoh diatas
3. Nambahi : Menambah apa apa yang mungkin sesuai dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan

untuk mempersiapkan diri, dapat dengan berlatih AKSI dari pusmenjar, yang sudah disiapakan secara gratis oleh pemerintah, melalui link berikut : https://degadeonline.com/test-diagnostik/latihan-akm-aksi/

Jika menghendaki versi cetaknya dapat di pesan di : bit.ly/SAHAJAMARTSIPLAH

Buku ini dibuat oleh Guru Guru SMP N 4 Pakem dengan didukung oleh SMP 4 Depok dan SMP N 3 Godean. Mengusung semangat menyebarkan virus mutu melalui GELANG SI CANTIK dari Pakem untuk Indonesia Juara, PISA JUARA

dilansir dari laman :
http://smpn1biakkota.sch.id/detailpost/tahun-depan-unbk-diganti-menjadi-akm-asesmen-kompetensi-minimal

Pengunjung

Flag Counter

YES…Our Support

Spupported by: IKLAN