• December 1, 2020 4:07 am

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Youtube terkait AKM, klik link berikut:
1. Kebijakan Assesmen Nasional
2. Assesmen Nasional
3. Assesmen Kompetensi Minimum

AKM adalah Assesmen Kompetensi Minimum, merupakan program penilaian secara nasional dalam Merdeka Belajar yang berfungsi untuk Peningkatan MutuPendidikan. AKM dilaksanakan pada kelas pertengahan setiap jenjang yakni kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA. Kegiatan ini dilaksanaan dalam fokus pada kemampuan dan habit sekolah dalam Literasi,  Numerasi dan Carakter.

Untuk mendukung dan mempersiapkan siswa SMP N 3 Depok agar dapat lancar mengikuti AKM, melalui Web E-Learningnya akan memberikan latihan AKM.

Link Literasi 1-4 : KLIK DISINI

Adapun jadwal AKM adalah sebagai berikut  :
1. FAUNA (26 September 2020)
2. PEMBURU PELANGI (3 Oktober 2020)
3. DARI BANJARNEGARA KE ISTANA NEGARA (10 Oktober 2020)
4. PANGGIL AKU PENELEH TUJUH (17 Oktober 2020)

Link Literasi 5-6: KLIK DISINI

5. Membaca digital_blackwell, Dikerjakan tanggal 24 Oktober 2020
6. Membaca digital_MARS, Dikerjakan tanggal 31 Oktober 2020

Setiap pengerjaan harus sampai selesai hingga mendapat hasil jawaban kalian, kemudian diprint untuk didiskusikan dengan teman dan guru. Waktu diskusi ditenttukan kemudian.

UNTUK LEBIH JELAS TENTANG AKM,
silahkan; klik pusmenjar

Selanjutnya para siswa dapat bersimulasi dengan link dibawah ini

A. SIMULASI AKM_Kemampuan Literasi Membaca

  1. Liburan Keluarga
  2. Kencanduan Makanan
  3. Cerita Rakyat

B. SIMULASI AKM Kemampuan Litersi Sains

  1. Kebugaran Jantung
  2. Berlari saat cuaca panas
  3. Pertumbuhan pohon semangka

C. SIMULASI AKM Kemampuan Literasi Matematika

  1. Tempat Pensil
  2. Populasi penduduk Tiongkok
  3. Juri Perlombaan
  4. ATM
  5. Mengisi Ember
  6. Belanja Alat Tulis
  7. Renovasi Teras

D. SIMULASI AKM Kemampuan Literasi Finansial

  1. Pilihan Pengeluaran
  2. Uang Liburan
  3. Belanja di Pasar
  4. Erorr di BANK
  5. Asuransi Sepeda Motor

E. AKM itu MIRIP PISA, silahkan berselancar di WEBnya PISA: Klik di sini

  1. PISA is the OECD’s Programme for International Student Assessment. PISA measures 15-year-olds’ ability to use their reading, mathematics and science knowledge and skills to meet real-life challenges. Read more about PISA in our latest brochure.
  2. Lihat YOTUBEnya: