• December 1, 2020 3:23 am

SMP Negeri 3 Depok Sleman

Semarak Berprestasi

8 Makanan Sehat dan Enak yang Wajib Dicoba Saat Isolasi Diri

ByDarto Darto

Apr 3, 2020

Para siswa SMP Negeri 3 Depok yang sedang Belajar Di Rumah (BDR) ini ada tulisan di Merdeka.com, yang di rillis Jumat, 27 Maret 2020 15:40 Reporter : Mutia Anggraini

Hari ini saya repost kembali karena sangat cocok denga situasi sekarang, selamat membaca selanjutnya mencoba

8 Makanan Sehat dan Enak yang Wajib Dicoba Saat Isolasi DiriIlustrasi makanan sehat. © Clean Eating Magazine

Merdeka.com – Isolasi diri wajib bagi Anda yang telah melakukan perjalanan dari wilayah yang terinfeksi virus corona covid-19. Dengan mengisolasi diri, maka Anda akan mengurangi dan bahkan memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19.

Namun, isolasi diri di rumah berarti Anda akan memiliki banyak waktu. Untuk mengisi waktu luang ataupun kegiatan yang Anda lakukan di rumah, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat sembari tetap melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu, sistem daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan jauh dari gangguan kesehatan.

Berikut merupakan 10 makanan sehat rumahan yang wajib dicoba dengan bahan yang ada di tempat penyimpanan Anda di rumah:

1. Salad buah

ilustrasi salad buah

2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Makanan sehat yang satu ini sedang trend dan digemari banyak orang karena rasanya yang lezat dan juga menyehatkan bagi tubuh. Anda dapat membuat salad buah sendiri dengan buah-buahan yang ada di rumah.

Cukup siapkan buah segar, jelly, yogurt, keju, dan mayonnaise. Potong buah-buahan lalu masukkan ke dalam wadah yang telah dipersiapkan. Tuangkan yogurt dan mayonnaise ke dalam wadah.

Terakhir, tambahkan parutan keju di atasnya. Salad buah siap untuk dikonsumsi saat Anda melakukan isolasi diri.

2. Pisang dan Keju

jenis pisang

Jenis pisang

Pisang merupakan buah yang dapat membuat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dengan menambahkan keju, maka makanan ini cocok menjadi teman isolasi diri Anda di rumah

Namun, Anda perlu memperhatikan takaran keju yang akan ditambahkan. Hindari penambahan keju yang terlalu banyak. Sebab, keju merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol cukup tinggi.

3. Sandwich

di dunia

REUTERS/Henry Romero

Sandwich merupakan makanan sehat yang wajib dicoba. Dengan bahan roti, sayuran, daging, telur ayam, dan saus maka makanan ini menjadi salah satu rekomendasi yang mudah untuk dibuat. Bermodalkan bahan-bahan tersebut, Anda akan tetap dapat merasakan kelezatan sekaligus mendapatkan manfaat baiknya.

Persiapkan bahannya seperti roti tawar, sayuran, daging, telur ayam, bawang bombai, mayonaise, keju, dan saus. Cara membuatnya cukup tumis bawang bombai hingga setengah matang. Masukkan bawang bombai dan daging ke dalam kocokan telur. Setelah itu, panaskan minyak di atas kompor lalu dadar telur hingga matang.

Kemudian angkat dan tata telur di atas roti bersama sayuran seperti tomat dan selada. Bakar sandwich hingga berwarna cokelat. Roti sandwich Anda telah siap.

4. Salad Tauge

ilustrasi tauge goreng

Tastemade

Tauge adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat. Tauge merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga bermanfaat untuk menekan kadar gula di dalam darah.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat menambahkan mayonnaise, yogurt, dan tetesan lemon atau jeruk nipis untuk membakar lemak dengan baik. Bila perlu, Anda juga dapat menambahkan madu sebagai pelengkap dan pemanis alami. Hindari untuk menambahkan garam dan gula berlebih.

5. Makanan Rebus

jenis pisang

Jenis pisang

Kacang, pisang, dan ketela rebus merupakan camilan sehat yang dapat membuat tubuh Anda tetap fit di tengah pandemi virus corona. Dengan teknik merebus tersebut, maka Anda dapat mengontrol kolesterol yang masuk ke dalam tubuh karena minimnya penggunaan minyak pada bahan makanan.

6. Granola

001 tantri setyorini

Cookingmatters.org

Granola merupakan makanan sehat yang terdiri dari kacang-kacangan, oat, buah-buahan kering, dan sebagainya. Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis.
Jangan menambahkan gula pada granola. Sebab, hal tersebut justru dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Anda dapat mengonsumsi granola secara rutin sebagai sarapan sehat Anda di tengah situasi pandemi virus coronoa covid019 dengan menjaga tubuh Anda tetap fit.

7. Roti Panggang

dengan campuran bayam dan keju

2015 Merdeka.com/www.browneyedbaker.com

Roti adalah bahan makanan favorit bagi semua orang. Mengolah roti dengan teknik memanggang akan membuat roti menjadi lebih lezat untuk dikonsumsi.

Anda dapat menambahkan berbagai buah-buahan sebagai topping. Hindari penggunaan selai pada roti panggang karena terdapat banyak zat pemanis. Akan lebih sehat apabila Anda cukup menambahkan potongan-potongan buah seperti alpukat, strawberi, tomat, kiwi, jeruk, dan lain sebagainya.

8. Nugget Sayuran

ayam

2017 stylecraze.com

Makanan sehat dan sekaligus sehat yang selanjutnya adalah nugget sayuran. Membuat nugget sayuran merupakan hal yang mudah dan dapat Anda coba di rumah ketika sedang melakukan isolasi diri.

Anda dapat membuat nugget dari sayuran seperti wortel, bayam, tauge, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya yang pertama yaitu haluskan daging. Campurkan dengan telur, sayuran yang telah dipotong, parutan bawang bombay, tepung panir, dan tepung tapioka. Aduk hingga tercampur rata.

Persiapkan wadah untuk mengukus adonan. Tuang adonan ke dalam wadah lalu kukus adonan selama 30-40 menit. Setelah matang, keluarkan dari panci kukus. Tunggu hingga dingin lalu potong-potong adonan tersebut seperti ukuran nugget. Balurkan nugget dengan telur yang sudah dikocok lalu masukkan ke wadah yang berisi tepung panir. Nugget telah siap untuk digoreng atau disimpan di dalam freezer Anda.